Dapat Uang dari Internet

Saturday 9 May 2015

9 Karakter Kepribadian Manusia. Kenalilah!!




      Interaksi sosial merupakan hal yang penting dan tidak bisa dipisahkan dari kehidupan manusia. Dalam berinteraksi, ada baiknya kita mengetahui karakter kepribadian diri kita dan lawan bicara. Hal ini agar memudahkan kita memahami jalan pikir seseorang. Kesalahpahaman yang terjadi dalam interaksi sosial biasanya dikarenakan kita tidak tau dengan siapakah kita bicara. Langsung saja, ada 9 KARAKTER KEPRIBADIAN MANUSIA, Diantaranya:

1. PERFEKSIONIS (The Reformer)

     
      Sebagai pribadi, orang yang memiliki karakter tipe perfeksionis dimotivasi oleh kebutuhan untuk menjalani hidup dengan benar, termasuk memperbaiki diri sendiri dan lingkungan sekitarnya. Ciri-ciri bahwa dia seorang perfeksionis adalah sebagai berikut:
1.     Memegang teguh prinsip.
2.     Bisa diandalkan dalam hal apapun.
3.     Produktif.
4.     Bijaksana.
5.     Idealis.
6.     Adil.
7.     Jujur.
8.     Teratur.
9.     Disiplin.
10.  Tidak luwes.
11.  Kerap menghakimi, mengkritik.
12.  Terlalu serius.
13.  Suka gelisah.
14.  Cenderung ingin menguasai.
15.  Pendengki.

      Di dalam pergaulan, yang terbaik dari seseorang yang bertipe perfeksionis adalah ia orang yang setia, memiliki dedikasi, sarat dengan pertimbangan dan gemar membantu, memiliki selera humor yang bagus. Sedangkan yang terburuk dari seseorang yang bertipe perfeksionis adalah ia gemar mendebat, mengkritik, kerap mempersoalkan hal-hal sepele, dan sulit berkompromi.

2. PENOLONG (The Helper)
      Seseorang dengan tipe penolong dimotivasi oleh kebutuhan untuk dicintai, dihargai. Seseorang dengan tipe karakter penolong memiliki ciri-ciri sebagai berikut:
1.     Penyayang.
2.     Perhatian.
3.     Bisa beradaptasi.
4.     Berwawasan.
5.     Murah hati.
6.     Antusias.
7.     Mampu menangkap apa yang orang lain rasakan.
8.     Tidak suka berterus terang.
9.     Manipulative.
10.  Posesif.
11.  Histeris.
12.  Mudah terpengaruh.

      Sisi terbaik dari seorang dengan tipe penolong adalah ia penuh perhatian, menghargai orang lain, jenaka, ramah, dan mampu membuat pasangannya merasa istimewa dan dicintai. Sisi terburuk dari tipe penolong adalah ia cenderung suka mengendalikan, tidak tulus, posesif, bergantung pada orang lain.

3. PEMBURU PRESTASI (The Achiever)
     Seseorang dengan tipe pemburu prestasi, dimotivasi oleh kebutuhannya untuk menjadi orang yang produktif, sukses, dan menghindari kegagalan. Ciri-ciri seseorang bertipe pemburu prestasi adalah:
1.     Optimis.
2.     Penuh keyakinan.
3.     Rajin.
4.     Efisien.
5.     Berinisiatif.
6.     Energik.
7.     Praktis/simpel.
8.     Suka memperdaya.
9.     Tukang pamer.
10.  Over-acting.
11.  Pendendam.
12.  Terlalu bersikap kompetitif.

     Dalam bergaul, hal terbaik dari tipe pemburu prestasi adalah dia memiliki sikap menghargai yang tinggi, jenaka, suka memberi, bertanggung jawab, dan dihormati. Sedangkan yang terburuk dari tipe pemburu prestasi adalah tidak sabar, defensive, tidak jujur, terlalu asyik dengan pekerjaan.

4. ROMANTIS (The Melancholy)
      Seseorang dengan tipe romantis, dimotivasi oleh kebutuhan untuk dipahami perasaannya oleh orang lain, mereka gemar mencari makna kehidupan. Ciri-ciri bahwa ia adalah seorang yang romantic adalah sebagai berikut:
1.     Ramah.
2.     Penuh kasih sayang.
3.     Instropektif.
4.     Ekspesif.
5.     Kreatif.
6.     Lembut.
7.     Sering depresi.
8.     Rendah diri.
9.     Dikuasai rasa bersalah.
10.  Keras kepala.
11.  Sok moralis.
12.  Merasa terkucil.

      Sisi terbaik dari orang yang romantis dalam pergaulan adalah lembut, jenaka, berempati tinggi, cerdas, mudah akrab. Sisi terburuk dari orang romantic adalah ia orang yang mudah sakit hati, suka mencela, tidak toleran, terlalu sibuk dengan pikirannya sendiri.

5. PENGAMAT (The Investigator)
      Seseorang dengan tipe pengamat, dimotivasi oleh kebutuhan untuk mengetahui segala sesuatu. Ciri-ciri bahwa seseorang bertipe pengamat adalah:
1.     Analistis.
2.     Berpendirian teguh.
3.     Objektif.
4.     Sensitif.
5.     Bijaksana.
6.     Mudah untuk memahami.
7.     Mandiri.
8.     Sok pintar.
9.     Kikir.
10.  Keras kepala.
11.  Suka menyendiri.
12.  Mudah menyerah.
13.  Kerap bertentangan dengan orang disekitarnya.

      Sisi baik yang dimiliki oleh seseorang dengan tipe pengamat adalah ia seorang yang baik hati, bisa dipercaya, berpikiran terbuka, mandiri, objektif, dan dapat bersikap tenang dalam keadaan yang genting. Dan yang buruk dari orang yang bertipe pengamat adalah mereka suka mendebat, suka mencuriga, lamban dalam melontarkan pikirannya.

6. PENCEMAS (The Sceptic)
      Seseorang dengan tipe pencemas dimotivasi oleh kebutuhan akan rasa aman. Ciri-ciri bahwa seseorang bertipe pencemas adalah:
1.     Setia.
2.     Disukai banyak orang,
3.     Perhatian.
4.     Ramah.
5.     Cerdas.
6.     Praktis.
7.     Suka membantu.
8.     Bertanggung jawab.
9.     Terlalu khawatir.
10.  Paranoid.
11.  Kaku
12.  Mudah kesal.

      Sisi baik dari orang yang bertipe pencemas adalah ia seorang yang setia, jujur, adil, terbuka, jenaka, berkomitmen, pekerja keras dan bisa diandalkan. Sisi buruk dari orang yang yang bertipe pencemas adalah ia mudah curiga, tidak luwes, sarkastis, gampang terpengaruh orang lain, tidak terlalu percaya diri.

7. PETUALANG (The Enthusiast)
      Orang dengan tipe petualang dimotivasi oleh kebutuhan untuk merasa gembira dan merencanakan kegiatan-kegiatan menyenangkan, memberi sumbangsih bagi dunia. Ciri-ciri bahwa seseorang bertipe petualang adalah sebagai berikut:
1.     Spontan.
2.     Imajinatif.
3.     Produktif.
4.     Gesit.
5.     Antusias.
6.     Yakin.
7.     Selalu ingin tahu.
8.     Narsistik.
9.     Impulsif.
10.  Tidak fokus.
11.  Posesif.
12.  Kurang disiplin.
13.  Berubah-ubah.

      Yang terbaik dari tipe petualang dalam pergaulan adalah ia seorang yang periang, dermawan, senang bergaul, perhatian. Dan sisi terburuk dari tipe petualang adalah ia seorang yang narsistik , sering bimbang, tidak fokus, sering meninggalkan pekerjaannya.

8. PEJUANG (The Challenger)
      Orang yang beripe pejuang dimotivasi keinginan unbtuk mengandalkan diri sendiri, menjadi kuat, terhindar dari kesan lemah atau bergantung pada orang lain. Ciri-ciri bahwa ia seorang dengan tipe pejuang adalah:
1.     Setia.
2.     Selalu berterus terang.
3.     Bisa memegang kendali.
4.     Energik.
5.     Realistis.
6.     Percaya diri.
7.     Sensitif.
8.     Agresif.
9.     Skeptis.
10.  Mendominasi.

      Yang terbaik dari tipe pejuang dalam pergaulan adalah ia orang yang mandiri, tidak takut tantangan, berani, jujur, terus terang, melindungi siapa saja yang dekat dengannya. Sedangkan yang terburuk dari tipe pejuang dalam pergaulan adalah ia orang yang sombong, posesif, cepat melihat kesalahan orang lain, tidak berkompromi.

9. PENDAMAI (The Mediator)
      Orang dengan tipe ini dimotivasi oleh kebutuhan untuk menjaga kedamaian, menyatu dengan orang lain, dan menghindari konflik. Ciri-ciri bahwa ia adalah seorang pendamai adalah:
1.     Tenang.
2.     Menyenangkan.
3.     Sabar.
4.     Diplomatis.
5.     Berpikiran terbuka.
6.     Murah hati.
7.     Pelupa.
8.     Onsesif.
9.     Apatis.
10.  Lembut.


      Yang terbaik dari tipe pendamai dalam pergaulan adalah ia seorang yang baik hati, lembut, tidak menghakimi orang lain, dan memiliki rasa peduli yg tinggi terhadap orang lain. Yang terburuk dari tipe pendamai dalam pergaulan adalah ia sering dihakimi karena dinilai lembek dan tidak tegas, kurang bisa disiplin, kurang bisa mengambil inisiatif, sering kebingungan.

itulah 9 KARAKTER KEPRIBADIAN yang ada pada manusia. semua memiliki kelebihan dan kekurangan. Jika kita bisa menyikapi hal ini dengan baik, maka kita tidak akan mengalami kesalahpahaman dan lebih mudah memahami pemikiran orang lain.

Sumber: Bayu W. Ayogya - 2 menit Membaca Pikiran Orang

No comments:

Post a Comment

Salam kenal!