Dapat Uang dari Internet

Saturday 16 May 2015

Yuk Cukupi Kebutuhan Vitamin D.


Vitamin D adalah nama generik dari 2 molekul yaitu ergokalsiferol (vitamin D2) dan Kolekalsiferol (vitamin D3). Vitamin D dapat dibentuk tubuh dengan bantuan sinar matahari. Bila tubuh mendapat cukup sinar matahari, konsumsi vitamin D melalui makanan tidak dibutuhkan lagi. Jika tubuh tidak mendapat cukup sinar matahari, vitamin D perlu dipenuhi melalui makanan.

Fungsi Vitamin D

Fungsi utama vitamin D adalah membantu pembentukan dan pemeliharaan tulang bersama vitamin A dan vitamin C. Fungsi khusus vitamin D dalam hal ini ( pembentukan dan pemeliharaan tulang, penj) adalah membantu pengerasan tulang dengan cara mengatur agar kalsium dan fosfor tersedia di dalam darah untuk diendapkan pada proses pengerasan tulang

Sumber Vitamin D

1.     Sinar matahari
2.     Susu sapi
3.     ASI (bagi bayi)
4.     Tepung susu
5.     Krim
6.     Keju
7.     Yogurt
8.     Telur utuh
9.     Kuning telur
10.  Mentega
11.  Minyak hati ikan
12.  Margarin
13.  Daging
14.  Unggas
15.  Hati
16.  Ikan air tawar
17.  Udang

Bahaya Kekurangan Vitamin D

Kekurangan vitamin D menyebabkan kelainan pada tulang yang dinamakan riketsia pada anak-anak dan osteomalasia, osteoporosis pada orang dewasa.

Riketsia terjadi bila pengerasan pada tulang terhambat, akibatnya tulang menjadi lembek, kaki membengkok, tulang rusuk membengkok, gigi terlambat keluar, pembesaran kepala, bentuk gigi tidak teratur. Riketsia jarang bisa disembuhkan.

Osteomalasia adalah riketsia yang terjadi pada orang dewasa. Biasanya terjadi pada wanita yang konsumsi kalsiumnya rendah, jarang terkena sinar matahari, sering melahirkan dan menyusui. Akibatnya menyebabkan gangguan pada bentuk tulang, trauma pada kaki, tulang belakang, toraks, dan pelvis.

Bahaya Kelebihan Vitamin D

Konsumsi berlebihan vitamin D dalam sehari dapat menyebabkan keracunan. Tanda-tanda yang khas adalah muntah, sakit kepala, lemah, kurang nafsu makan, gangguan mental, diare, dan pengeluaran urin berlebihan.

Sekian. Semoga bermanfaat.

Sumber: Prinsip Dasar Ilmu Gizi – Sunita Almatsier

No comments:

Post a Comment

Salam kenal!