Dapat Uang dari Internet

Sunday 17 May 2015

14 Kegiatan yang Menyebabkan Kita Menjadi Pelupa



Mungkin anda pernah mengalami kesulitan mengingat sesuatu padahal sesuatu itu adalah hal yang penting. Penyakit lupa pada orang yang sudah lanjut atau yang biasa disebut pikun adalah hal yang wajar. Tapi, bila penyakit lupa ini menimpa orang yang usianya masih muda, tentu menjadi pertanyaan apa yang sebenarnya terjadi. Berikut adalah kegiatan yang menyebabkan kita menjadi pelupa:

1.     Alkohol dan Narkoba

Seseorang yang berada dalam pengaruh alkohol dan narkoba pasti sering lupa atas apa yang telah dia lakukan. Ini disebabkan fungsi otak melemah karena sel pada jaringan otak tidak berfungsi.

2.     Penyakit Alzheimer

Alzheimer merupakan penyakit yang biasanya menyerang orang yang sudah lanjut usia. Penyakit ini secara perlahan menguras memori sehingga menghilangkan ingatan. Orang yang menderita Alzheimer akan membuat penderita menjadi gampang lelah karena berusaha mengingat apa yang terjadi dalam kehidupannya.

3.     Kurang tidur

Kurang tidur bisa menyebabkan kinerja otak kurang maksimal. Bila anda kurang tidur maka pikiran menjadi kurang fokus dan perasaan mengantuk pun mendera.

4.     Stress

saat anda stress, maka otot akan menegang dan gelisah menghampiri. Ini akan membuat otak harus bekerja keras, sehingga proses menyimpan dan mengingat informasi akan terhambat.

5.     Gangguan fisik

Benturan pada bagian kepala bisa menyebabkan amnesia atau penyakit yang bisa membuat memori otak menghilang. Biasanya benturan ini disebabkan oleh cedera atau kecelakaan.

6.     Sibuk

Sebuah penelitian klinis di Glasgow menyatakan, orang menjadi lebih pelupa dikarenakan gaya hidupnya yang sibuk dan berlebihan dalam menerima informasi.

7.     Tiroid

Gangguan tiroid, seperti hipotiroidisme dan hipertiroidisme, dapat mempengaruhi (kebingungan)mental dan ketidakmampuan mengingat hal-hal untuk waktu yang lama.

8.     Diet yang tidak sehat

Diet yang tidak sehat bisa menyebabkan kekurangan vitamin dan gizi yang penting dalam tubuh, untuk itu dietlah yang teratur dan seimbang.

9.     Merokok

Zat dalam rokok yang terhisap akan mengakibatkan penyusutan otak secara cepat, serta dapat mengakibatkan penyakit Alzheimer.

10.  Makan terlalu banyak

Terlalu banyak makan, apalagi yang berkadar lemak tinggi, dapat mengakibatkan mengerasnya pembuluh darah otak karena penimbunan lemak pada dinding dalam pembuluh darah. Akibatnya kemampuan kerja otak akan menurun.

11.  Mengkonsumsi gula berlebih

Konsumsi gula yang terlalu banyak akan menyebabkan terganggunya penyerapan protein dan nutrisi, sehingga terjadi ketidakseimbangan gizi yang akan mengganggu perkembangan otak.

12.  Jarang berkomunikasi

Komunikasi diperlukan sebagai salah satu sarana memacu kemampuan kerja otak. Berkomunikasi secara intelektual dapat memicu efisiensi otak. Jarangnya berkomunikasi akan menyebabkan kemampuan intelektual otak jadi kurang terlatih.

13.  Memikirkan banyak hal saat sakit

Bekerja terlalu keras atau memaksakan untuk menggunakan pikiran saat sedang sakit dapat menyebabkan berkurangnya efektivitas otak serta dapat merusak otak.

14.  Malas berpikir


Berpikir adalah cara paling tepat untuk melatih otak kita. Kurangnya kegiatan berpikir dapat menyebabkan mengkerutnya otak kita.

No comments:

Post a Comment

Salam kenal!